Jurnal Sosiohumaniora Kodepena (JSK)
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Sosiohumaniora Kodepena

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP

Anwar (Universitas Serambi Mekkah)
Muslem Daud (Unknown)
Meri Sartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga lingkungan, terhadap motivasi belajar, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Banda Aceh yang dilaksanakan pada 30 Juli s/d 2 Agustus 2018. Sampel dalam penelitian ini adalah 39 orang siswa SMP Negeri 10 Banda Aceh yang diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Secara parsial lingkungan keluarga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 10 Banda Aceh diperoleh koefisien regresi sebesar 0,57 dan diperoleh thitung = 15,26 dengan taraf signifikansi ???? = 0,05. 2). Secara parsial lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 10 Banda Aceh dengan thitung = 5,26. 3) Secara simultan lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh sangat tinggi terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 10 Banda Aceh sebesar 46,86. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 4,4 hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa SMP Negeri 10 Banda Aceh berada pada kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsk

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosiohumaniora Kodepena merupakan jurnal peer-reviewed dan open-access journal dengan bidang kajian Ilmu Sosial dan Humaniora yang diterbitkan oleh Komunitas Dosen Penulis dan Peneliti Indonesia (Kodepena). JSK untuk pertama kalinya diterbitkan pada Juni 2020 sebagai jurnal media/berkala ...