JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (e-journal)
Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja

Pengaruh Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Pada Badan Usaha Milik Negara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Fredy Olimsar (Universitas Jambi)
Misni Erwati (Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi – Indonesia)
Wirmie Eka P (Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi - Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh secara simultan dan parsial Corporate Governane (Ukuran Dewan, Komposisi Dewan, Kepemilikan Manajerial dan Leverage) tehadap Kinerja Keuangan (Return On Asset dan Return On Equity). Populasi dalam penelitian ini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2017-2019. Dalam penelitian ini untuk melihat pengaruh secara simultan dan parsial dengan menggunakan alat analisis data berupa regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan sebagai berikut: secara simultan ukuran dewan komisaris, komposisi dewan komisaris, kepemilikan manajerial, dan leverage berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan ROA dan ROE. Secara parsial dapat diketahui bahwa tidak semua variabel berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Ukuran dewan komisaris dan leverage berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan. Ukuran dewan komisaris berpengaruh positif terhadap ROA, sedangkan terhadap ROE tidak berpengaruh signifikan. Leverage berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan ROA dan ROE. Komposisi dewan komisaris dan kepemilikan manajerian tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jaku

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi dan Keuangan Universitas Jambi (JAKU) merupakan jurnal yang mempublikasikan Tulisan Ilmiah dan hasil penelitian di bidang Akuntansi dari hasil-hasil riset/penelitian yang mencakup analisis statistik, studi kasus maupun penelitian lapangan dari berbagai perspektif. Topik Kajian ...