Journal of Educational Review and Research
Vol 5, No 1 (2022): VOLUME 5 NUMBER 1 JULY 2022

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MASA PANDEMI

Citra Utami (STKIP Singkawang)
Nadya Eka Suryani (STKIP Singkawang)
Evi Susanti (STKIP Singkawang)
Nur' Aisha (STKIP Singkawang)
Puput Safitri Wijaya (STKIP Singkawang)
Buyung Buyung (STKIP Singkawang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemandiran belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 40 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes kemampuan pemahaman konsep beserta angket kemandirian belajar kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal tersebut berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji regresi dengan signifikansi sebesar 0,736 > 0,05 hal ini berarti bahwa kemandirian belajar secara signifikan berpengaruh negatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JERR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal Of Educational Review and Research (JERR) is published by Institute for managing and publishing scientific journal STKIP Singkawang in 2017 and periodically published twice per year on July and December, with e-ISSN : 2597-9760 and p-ISSN : 2597-9752. JERR aims to becoming the publication ...