STRATEGIC
Vol 22, No 2 (2022): Strategic

Pengaruh Customer Relationship Management dan Omnichannel Service Quality terhadap Customer Engagement

Hifzhil Rahman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ratih Hurriyati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Lisnawati Lisnawati (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Industri fashion masih terus mengalami perkembangan sehingga menghasilkan trend mode dan gaya serta menjadi sebuah peluang dalam berbisnis. Dengan peluang ini, banyak munculnya perusahaan yang berfokus di industri fashion.  Perusahaan harus terus melakukan pelayanan kepada pelanggannya lebih baik daripada pesaing-pesaingnya, dan memperkuat hubungan dengan pelanggannya agar pelanggan tidak berlari ke perusahaan lain dan tercapainya kesuksesan customer engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Customer Relationship Management dan Omnichannel Service Quality terhadap Customer Engagement. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif yaitu dengan penggambaran dan pemaparan variabel-variabel yang diteliti dan kemudian ditarik kesimpulan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah customer engagement (Y), customer relationship management (X1) dan omnichannel service quality (X2) sebagai variabel bebas. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung website Cottonink. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling (pengambilan sampel dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu) dengan menggunakan teknik non-probability sampling terhadap 200 pengunjung website. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu program IBM SPSS AMOS versi 26.0 for Windows. Hasil temuan penelitian ini menunjukan bahwa gambaran customer relationship management dan omnichannel service quality terhadap customer engagement berada pada kategori baik. Customer relationship management dan omnichannel service quality memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap customer engagement.

Copyrights © 2022