JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)
Vol 9 No 1 (2022): JMBI UNSRAT Volume 9 Nomor 1

PENGARUH PROMOSI MEDIA SOSIAL, WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN BURGER KING DI KOTA MANADO

Nadia Sriwahyuni Sihotang (Universitas Sam Ratulangi)
Esry O.H. Laoh (Universitas Sam Ratulangi)
Rine Kaunang (Universitas Sam Ratulangi)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Abstrak: This study aims to analyze the influence of social media promotion, word of mouth and service quality on burger king consumer loyalty in manado city. The type of data in this study is primary data obtained directly through questionnaires distributed to Burger King consumers in Manado City. The number of samples in this study was 100 people using accidental sampling techniques. This study used multiple linear regression data analysis. Based on the analysis of statistical data, the indicators in this study are valid and the variables are reliable. In classical assumption testing, heteroskedasticity did not occur, and normally distributed and multicolonieris free regression models. The results of this study show that social media promotion, word of mouth and service quality partially have a positive and significant effect on the loyalty of Burger King consumers in the city of Manado. Simultaneous promotion of social media, word of mouth and service quality has a positive and significant effect on the loyalty of Burger King consumers in Manado City. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi media sosial, word of mouth dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen Burger King di kota Manado. Jenis data  dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh langsung  melalui kuesioner yang dibagikan kepada konsumen Burger King kota Manado. Jumlah sampel dalam penelitian ini  adalah  100 orang  dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal serta model regresi bebas multikolonieris.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi media sosial, word of mouth dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Burger King di kota Manado. secara simultan promosi media sosial, word of mouth dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Burger King di Kota Manado.

Copyrights © 2022