IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 7 No 2 (2023): IKRAITH-HUMANIORA Vol 7 No 2 Juli 2023

How Does the Use of Shopee Live Affect Consumer Information Needs ?

Witanti Prihatiningsih (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Wa Ode Seprina (Telkom University)
Aan Setiadarma (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di kawasan dalam hal jumlahpengguna e-commerce. Jumlah ini terus bertambah, apalagi ketika pemerintah mengeluarkan peraturantentang Work From Home (WFH) di masa pandemi Covid-19. Salah satu e-commerce paling populer diIndonesia adalah Shoppee, dengan jumlah pengguna terbanyak berada di Jakarta. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Shopee Live, sebuah fitur di aplikasi Shopee, terhadapkebutuhan informasi di kalangan ibu rumah tangga di Jakarta berdasarkan teori pencarian informasi.Metode kuantitatif dengan analisis regresi digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa secara simultan, intensitas menonton, isi konten, dan prioritas pencarian di Shopee Live berpengaruhsignifikan terhadap kebutuhan informasi ibu rumah tangga di Jakarta. Secara parsial, intensitas menonton diShopee Live berpengaruh signifikan terhadap kebutuhan informasi. Demikian juga isi konten, yangberpengaruh signifikan terhadap kebutuhan informasi. Berbeda dari keduanya, prioritas pencarian di ShopeeLive tidak berpengaruh signifikan terhadap kebutuhan informasi di kalangan ibu rumah tangga di Jakarta.

Copyrights © 2023