Environmental Pollution Journal
Vol. 2 No. 1: April 2022

Analisis Vegetasi Mangrove Di Desa Mekarsari, Kabupaten Tanah Laut (Studi Kasus PT. Arutmin Indonesia Tambang Mekarsari)

Frans Tony Frans Tony (Program Studi Ilmu Kelautan FPK ULM)
Abdurrahim Putra (Universitas Lambung Mangkurat)
Dafiuddin Salim (Universitas Lambung Mangkurat)
Irvan Fitrianto (PT. Arutmin Indonesia Tambang Mekarsari)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2022

Abstract

Desa Mekarsari adalah daerah yang memiliki ekosistem mangrove yang luasnya 1,4 ha, dimana ekosistem mangrove merupakan tempat berkumpulnya flora dan fauna. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui komposisi dan struktur tegakan; (2) Mengetahui pengelompokan jenis mangrove. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung (observasi) dengan menggunakan metode Transek Garis dan Plot (line transect plot) dan untuk mengetahui analisis vegetasi mangrove di Desa Mekarsari.. Hasil penelitian menemukan komposisi jenis mangrove sejati di kawasan Desa Mekarsari terdiri dari 4 jenis, yaitu Api-api (Avicania Alba), jenis rambai (Soneratia sp.), jenis bakau (Rhizophora Mucronata), dan jenis tanjang merah (Bruguiera gymnorrhiza).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

epj

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Engineering Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Environmental Pollution Journal adalah jurnal yang dapat diakses secara terbuka yang dipublikasikan oleh ECOTON Foundation. Jurnal ini bertujuan untuk mengintegrasi penelitian terkini terkait pencemaran lingkungan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Output yang didapatkan tidak hanya untuk ...