Jurnal Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2021): JULI

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Model Cooperative Tipe Number Head Together (NHT) Berbantuan Media Gambar Berpengaruh Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa : (Studi Kelas III Sekolah Dasar Negeri Taddan 2 Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang)

Suwarti Suwarti (Universita Terbuka Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Setiap strategi dan metode mengandung unsur-unsur kekuatan dan kelemahan sendiri. Metode apapun yang digunakan guru dalam proses pembelajaran sepanjang dikuasainya dengan baik akan dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPS (2) Apakah dengan model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa. (3) Apakah dengan meningkatnya kreatifitas siswa dengan model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar. Jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1)Bahwa model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPS menunjukkan adanya perbedaan minat dan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe NHT dan mempunyai nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative tipe NHT Kelas IIIA dengan nilai F-hitung sebesar 30,529dan taraf signifkan (P) = 0,000. Sedangkan Hasil ke (2) Model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar dapat meningkatkan minat belajar siswa. Menunjukkan terdapat perbedaan minat belajar antara siswa yang memiliki minat/motivasi belajar tinggi dan minat/motivasi belajar rendah. Siswa yang memiliki minat/motivasi tinggi mempunyai nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat/motivasi rendah dengan F-Hitung sebesar 320,015dan taraf signifikan (P) = 0,000. (3) Meningkatnya kreatifitas siswa dengan model kooperatif tipe NHT berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa menunjukkan terdapat interaksi kreatifitas siswa antara model pembelajaran Cooperative tipe NHT Kelas IIIA dan Cooperative tipe NHT Kelas IIIB terhadap hasil belajar siswa. Interaksi antara model pembelajaran dan minat/motivasi terhadap hasil belajar pada siswa ditunjukkan dengan nilai F-Hitung sebesar 37,601 dengan taraf signifikan (P) = 0,001.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alallam

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-Allam: Jurnal Pendidikan (ISSN Cetak 2723-7559) (E-ISSN 2809 - 1175) terindek google scholer, telah diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang. Jurnal Al-Allam terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli, isinya berupa tulisan-tulisan ilmiah ...