Jurnal Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2021): JULI

Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan kualitas Pembelajaran Siswa : (Studi Kelas IX B Madrasah Tsanawiyah Negeri Sampang)

Anik Rahmaniyah (Madrasah Tsanawiyah Negeri Sampang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris dengan model talking stick akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam pembelajaran, siswa akan terdorong untuk memperhatikan penjelasan guru karena siswa harus siap memberikan jawaban apabila mendapatkan pertanyaan dari guru tentang materi yang diajarkan. Pembelajaran Bahasa Inggris dengan model talking stick akan lebih optimal bila ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran materi procedure text. Metode yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pada siklus I data keterampilan guru memperoleh skor 16 yang termasuk dalam kriteria cukup. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data keterampilan guru mengalami peningkatan dengan perolehan skor sebanyak 22 yang termasuk dalam kriteria baik. Pada pelaksanaan tindakan siklus III jumlah skor keterampilan guru yang diperoleh sebanyak 27 dengan kriteria sangat baik. Keterampilan guru telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang- kurangnya mencapai kriteria baik. Pembelajaran Bahasa Inggris melalui model talking stick dengan media visual materi procedure text pada siswa Kelas IXB MTs Negeri Sampang Kabupaten Sampang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada pembelajaran Bahasa Inggris siklus I data aktivitas siswa memperoleh skor rata-rata 11,4 dengan kriteria cukup. Pada pelaksanaan tindakan siklus II data aktivitas siswa meningkat dengan perolehan skor rata-rata 15,1 dengan kriteria baik. Pada pelaksanaan tindakan siklus III data aktivitas skor rata-rata 17,1 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa telah mencapai indikator keberhasilan yaitu sekurang- kurangnya mencapai kriteria baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alallam

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-Allam: Jurnal Pendidikan (ISSN Cetak 2723-7559) (E-ISSN 2809 - 1175) terindek google scholer, telah diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Sampang. Jurnal Al-Allam terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli, isinya berupa tulisan-tulisan ilmiah ...