Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah
Vol 3, No 1 (2022): SEMNAS MULTIDISIPLIN ILMU

MENDESAIN MATERI AJAR BERBASIS KETERPUSATAN PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN SPEAKING

Nyak Mutia Ismail (Unknown)
Marisa Yoestara (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Materi ajar merupakan sumber materi penting bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tanpa bahan ajar, tampaknya guru akan mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain materi ajar pada proses pembelajaran speaking (berbicara) dalam mata kuliah bahasa Inggris dengan basis keterpusatan pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R D) dimana dilibatkannya teori-teori pendukung dari hasil riset yang pernah ada untuk didesain sebuah konsep materi ajar yang lebih melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Setelah melewati 10 tahapan dalam kerangka R D, maka hasil dari desain pun diperoleh. Terkait analisa data selama proses trial, rubrik keaktifan dan motivasi digunakan untuk melihat apakah siswa merasa tertarik terhadap bahan ajar tersebut dan berkeinginan untuk terlibat secara aktif. Setelah tahap evaluasi, maka didapatilah satu desain materi ajar untuk mata kuliah Speaking yang dikembangkan untuk mahasiswa FKIP Bahasa Inggris, Universitas Serambi Mekkah. Kata Kunci: Materi Ajar; Siswa Aktif; Keberpusatan pada Siswa; R D; Bahan Ajar Speaking.

Copyrights © 2022