LaGeografiA
Vol 21, No 1 (2022): Oktober

Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya

Edwardus Iwantri Goma (Prodi Pendidikan Geografi Universitas Mulawarman)
Zeni Haryanto (Prodi Pendidikan Geografi Universitas Mulawarman)
Rahma Magfira (Prodi Pendidikan Geografi Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

 AbstractThe COVID-19 pandemic has directly changed the learning process in Indonesia, from offline-based learning to online-based learning. This study aims to determine the process and inhibiting factors of online learning carried out in class XI Social Sciences in the geography subject of Indonesian cultural diversity at SMAN 1 Muara Jawa. This study uses a qualitative approach, using interview techniques, observation and documentation in data collection. The research subjects consisted of one teacher of geography and five students of class XI IPS. The data analysis technique was carried out using the Miles and Hubberman model, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study indicate that the implementation of online learning has been carried out quite well, most of the students and teachers already have the basic facilities needed, it illustrates the readiness to implement online learning. In the implementation of online learning, the teacher has carried out lesson plans and has carried out learning well, namely using learning methods, learning media, strategies and learning approaches that are adapted to the character of students; The inhibiting factors in online learning carried out at SMA N 1 Muara Jawa class XI IPS include unstable network conditions and students' difficulties in understanding learning materials.AbstrakPandemi covid-19 secara langsung telah mengubah proses pembelajaran di Indonesia, dari proses pembelajaran berbasis luring menjadi pembelajaran berbasis daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan faktor penghambat pembelajaran daring yang dilaksanakan di kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi materi keragaman budaya Indonesia di SMAN 1 Muara Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari satu guru mata pelajaran geografi dan lima siswa kelas XI IPS. Teknik analisis data dilakukan dengan model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring sudah terlaksana cukup baik, sebagian besar peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanakan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan metode pembelajaran, media pembelajaran, strategi dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter peserta didik; Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMA N 1 Muara Jawa kelas XI IPS diantaranya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan siswa dalam memahami materi pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Lageografia

Publisher

Subject

Humanities Education Physics Social Sciences Other

Description

LaGeografia adalah open journal system yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar. LaGeografia adalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun setiap bulan Oktober, ...