LaGeografiA
Vol 21, No 1 (2022): Oktober

Analisis Pola Pertumbuhan Perumahan Berbasis Sistem Infomasi Geografis (GIS) di Kota Semarang

Merli Apriyantika (Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Ivet, Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

AbstractHousing is a dwelling consisting of one housing unit that has public infrastructure and utilities that support activities in the settlement. Housing in Gunungpati District from year to year has increased this is caused by the existence of the Semarang State University campus which stands around Gunungpati District. The distribution of these settlements forms a settlement pattern that changes from year to year. This housing pattern determines the development of housing in a centralized or evenly distributed area in an area. This study uses a quantitative descriptive method with the aim of research to determine the pattern of housing growth in Gunungpati District, Semarang City. In this study, the data processing uses a geographic information system (GIS) and field survey data so that later the housing growth pattern in Gunungpati District, Semarang City will be known. The results of research in 2010 and 2019 show that the growth of housing patterns in Gunungpati District has a clustered pattern, this settlement pattern is influenced by topographic conditions, diversity of land fertility, rainfall, abundant surface water, and housing security conditions. AbstrakPerumahan merupakan hunian yang terdiri dari satu satuan perumahan yang mempunyai prasarana dan utilitas umum yang mendukung adanya kegiatan dalam permukiman tersebut. Perumahan yang berada di Kecamatan Gunungpati dari tahun ke tahun mengalami peningkatan hal ini diakibatkan oleh adanya kampus Universitas Negeri Semarang yang berdiri di sekitar Kecamatan Gunungpati. Persebaran permukiman ini membentuk pola permukiman yang dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Pola perumahan ini menentukan perkembangan perumahan pada suatu wilayah terpusat atau merata pada suatu wilayah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pola pertumbuhan perumahan di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Pada penelitian ini pengolahan datanya menggunakan sistem informasi geografis (SIG) dan data survei lapangan sehingga nanti akan diketahui pola pertumbuhan perumahan di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Hasil penelitian pada tahun 2010 dan tahun 2022 menunjukkan bahwa pertumbuhan pola perumahan di Kecamatan Gunungpati memiliki pola mengelompok, pola permukiman ini dipengaruhi oleh kondisi topografi, keanekaragaman kesuburan lahan, curah hujan, air permukaan yang melimpah, dan kondisi keamanan perumahan. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Lageografia

Publisher

Subject

Humanities Education Physics Social Sciences Other

Description

LaGeografia adalah open journal system yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar. LaGeografia adalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun setiap bulan Oktober, ...