Aptekmas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 5 No 3 (2022): APTEKMAS Volume 5 Nomor 3 2022

PENINGKATAN PENJUALAN KERIPIK SINGKONG MELALUI PENAMBAHAN VARIASI RASA DAN PENINGKATAN DESAIN KEMASAN

Dian Mart Shoodiqin (Institut Teknologi Kalimantan)
Lovinta Happy Atrinawati (Institut Teknologi Kalimantan)
Riyan Benny Sukmara (Institut Teknologi Kalimantan)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Toko Rizquna telah dirintis sejak tahun 2013. Produk yang dihasilkan saat ini adalah keripik singkong original dengan jumlah penjualan yang rendah yaitu 50 bungkus/bulan. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu belum ada varian keripik singkong yang diproduksi, ketahanan daya simpan keripik singkong singkat, dan kemasan yang kurang menarik. Keripik singkong yang dipasarkan, saat ini hanya rasa original tanpa ada kreasi rasa. Kemasan keripik singkong belum memperhitungkan segi keamanan dan daya tahan produk. Kemasan produk juga masih menggunakan plastik bening biasa yang kurang menarik bagi konsumen. Solusi yang diberikan untuk menyelesaikan permasalahan mitra adalah (1)pelatihan meningkatkan varian rasa keripik singkong dengan rasa balado extra pedas, gula aren, dan sapi panggang; (2) pelatihan  menggunakan kemasan aluminium kedap untuk meningkatkan daya tahan produk; dan (3) mendesain kemasan keripik singkong yang aman dan murah sehingga dapat menjamin keamanan produk ketika proses pengiriman. Toko Rizquna mendapatkan peningkatan penjualan 8-10% setiap bulannya (periode Sep-Okt 2021) dan pelanggan merasa puas dengan adanya variasi rasa juga ketahanan kerenyahan dari keripik singkong. Hasil PKM ini mampu meningkatan daya saing usaha dan adanya transfer teknologi kepada mitra.  

Copyrights © 2022