JURNAL INTEGRASI PROSES
VOLUME 5 NOMOR 1 DESEMBER 2014

REVIEW TENTANG SINTESIS SiO2 NANOPARTIKEL

Muhammad A. Fadhlulloh (Program Studi Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia)
Taufik Rahman (Program Studi Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia)
Asep Bayu D. Nandiyanto (Program Studi Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia)
Ahmad Mudzakir (Program Studi Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2014

Abstract

Silika adalah unsur yang memiliki berbagai keunggulan baik dari segi sifat fisika maupun sifat kimia. Keunggulan sifat yang dimiliki silikaini menjadikannya memiliki aplikasi yang sangat luas dalam berbagai bidang. Performa silika tergantung pada metode sintesis yang berpengaruh terhadap ukuran partikel, struktur kristal, kemurnian, dan morfologi. Sehingga perlu pendekatan lebih lanjut untuk mengetahui efektifitas berbagai metode yang digunakan para peneliti dalam melakukan sintesis silika nanopartikel. Namun, tidak semua rangkuman jurnal yang ada menunjukan informasi yang detail dan menyeluruh baik dari segi penjabaran metode maupun aplikasi materialnya. Dalam paper ini, akan dikaji beberapa metode yang dapat digunakan dalam proses sintesis silika ­nanopartikel, diantaranya: metode sol gel, metode liquid-phase, metode penukar ion, metode induksi listrik mikrowaf, metode co-condensation, dan metode tungsten carbide vial. Selain itu, akan dijabarkan juga informasi terkait aplikasi silikadalam bidang biomedis.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal integrasi proses (JIP) diterbitkan oleh Jurusan Teknik Kimia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dua kali dalam setahun. JIP menerima artikel dalam bidang teknik kimia berupa original research papers, reviewed papers dan short communications dari para peneliti, akademisi, industri dan ...