Jurnal Tekun
Vol 9, No 2 (2018)

PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi Perusahaan Manufaktur Subsektor Pulp dan Kertas, Periklanan Percetakan dan Media Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

Indah Herlina (Universitas Mercu Buana)
Feber Sormin (Universitas Mercu Buana)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate social responsibility, leverage dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility, leverage dan profitabilitas, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan manufaktur di industri kertas dan periklanan, percetakan dan media yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Ada 60 perusahaan yang memenuhi kriteria. Rancangan data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji penelitian kausal. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap agresivitas pajak, sedangkan corporate social responsibilty dan leverage tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

Copyrights © 2018