AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2021)

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN VERBAL, KEMAMPUAN NUMERIK, DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAJANGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018.

Fatimah Nurkandela (Universitas Ahmad Dahlan)
Uus Kusdinar (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2021

Abstract

Hasil observasi di SMP Negeri 1 Pajangan ditemukan beberapa masalah, yaitu sebagian siswa tidak menyukai matematika dan menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang membosankan, kemampuan numerik dan kemampuan verbal dan hasil belajar matematika siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan yang positif dan siginifikan antara kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan disposisi matematis dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pajangan Kabupaten Bantul Tahun ajaran 2017/2018.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri 1 Pajangan kabupaten bantul tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 5 kelas yang berjumlah 151 siswa. Sampel diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling dan diperoleh perwakilan dari kelas A, C dan E yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode angket untuk mengetahui disposisis matematis dan metode tes untuk mengetahui kemampuan verbal, numerik dan hasil belajar matematika. Uji inStrumen menggunakan uji validitas, daya beda dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji independen, dan uji linearitas. Analisis data untuk hipotesis menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi.            Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan disposisi matematis dengan hasil belajar matematika,  diperoleh Fhitung =  3,1955 dan Ftabel = 2,9011 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,4801 dan persamaan regresi linear ganda tiga variabel yaitu . Besar sumbangan  relatif X1 = 37,35 %, (X2) = 58,694%, X3 = 3,95% dan besar sumbangan efektif X1 = 8, 6099 %, %, X2 = 13,5304%, X3 = 0,9116%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal AdMathEduSt dengan ISSN : 2355-8199 merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan. Focus jurnal ini pada publikasi hasil penelitian, kajian dan gagasan pengembangan dalam bidang pendidikan ...