Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2022): Mei 2022

Kemampuan Representasi Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar

Fujia Miranda (Universitas Syiah Kuala)
Tuti Zubaidah (Universitas Syiah Kuala)
Mukhlis Hidayat (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Kemampuan representasi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide-ide matematika yang dapat berupa diagram, tabel, grafik, simbol matematika, model matematika, kata-kata, dan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan permasalahan. Kemampuan representasi sangat penting dalam mempelajari matematika sehingga perlu dimiliki oleh setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa di SMP Negeri 1 Sukammaknur. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah mix methods dengan jenis sekuensial eksplanatori. Subjek penelitian ialah 17 siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Sukamakmur. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan representasi matematis, kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan observasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa dia SMP Negeri 1 Sukamakmur tergolong sedang dan rendah. Data hasil tes menunjukkan perolehan rata-rata siswa dalam menyelesaikan soal tes hanya mencapai angka 32 dari skor total 40 dengan 3 siswa memperoleh nilai kategori tinggi atau 17,65%, 11 siswa dengan kategori sedang atau 58,82%, dan 4 siswa lainnya berada di kategori rendah atau 23,53% sementara itu berdasarkan wawancara ditemukan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan mengerjakan soal representasi yang diberikan. Kata Kunci:    representasi matematis, materi lingkaran. 

Copyrights © 2022