Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran digital Produk Cicil Emas oleh PT Bank Syariah Indonesia, Tbk (BSI) Kantor Cabang Pembantu Semarang Banyumanik, kekuatan dan kelemahan dalam pemasaran digital Produk Cicil Emas dan kendala-kendala yang dihadapi BSI Kantor Cabang Pembantu Semarang Banyumanik dalam melaksanakan strategi pemasaran digital pada Produk Cicil Emas. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan teknik pembahasan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Strategi pemasaran digital yang digunakan pada BSI Kantor Cabang Pembantu Semarang Banyumanik berupa Financial Technology, Social Media, Referral Marketing, Content Marketing dan Online Advertising. Kekuatan dari strategi digital yang digunakan antara lain yaitu, menghubungkan Pawning Sales Officer dengan nasabah di internet, menghasilkan prospek permintaan yang tinggi, menghemat waktu dan anggaran pengeluaran serta respon cepat dengan layanan real time. Sedangkan kelemahannya antara lain yaitu, strategi yang mudah ditiru, jika tidak menarik, tidak akan dilirik, perlu waktu untuk memahami pemasaran digital, tidak selalu cocok untuk kebutuhan pengguna Internet secara keseluruhan, reputasi bisa hancur jika banyak reaksi negatif, tidak semua masyarakat menggunakan Internet. Kendala yang dihadapi BSI Kantor Cabang Pembantu Semarang Banyumanik dalam strategi pemasaran digitalnya adalah lebih banyak peminat jika menggunakan pemasaran secara langsung, rentan kegiatan penipuan, harus membuat konten menarik.
Copyrights © 2022