Jurnal Kedokteran Komunitas (Journal of Community Medicine)
Vol 10 No 2 (2022)

KORELASI ANTARA KEMAMPUAN RETENSI DAN PERSEPSI LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PERFORMA AKADEMIK MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Mellinia Wahyuning Dyas (Unknown)
Ariani Ratri Dewi (Unknown)
Rizki Anisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2022

Abstract

ABSTRAKPendahuluan: Selama pembelajaran daring di FK UNISMA terjadi penurunan performa akademik berupa nilai ujian mingguan mahasiswa di blok Imunohematologi sebanyak 10%. Salah satu faktor yang diduga dapat mempengaruhi performa akademik mahasiswa adalah kemampuan retensi dan lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kemampuan retensi dan lingkungan belajar terhadap performa akademik blok Imunohematologi selama pembelajaran daring pada mahasiswa tingkat 1 dan 2.Metode: Penelitian ini merupakan penelitian studi observasional analitik dengan menggunakan metode cross sectional pada 183 mahasiswa FK UNISMA. Data kemampuan retensi diperoleh dari uji retensi mahasiswa FK UNISMA, sedangkan penilaian ingkungan belajar diukur dengan kuisioner The Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM).Hasil: Hasil uji regresi logistik ordinal pada mahasiswa tingkat 2 mendapatkan pengaruh signifikan dari kemampuan retensi terhadap performa akademik mahasiswa (nilai p-value < 0.05), sedangkan pada mahasiswa tingkat 1 kemampuan retensi tidak berpengaruh signifikan terhadap performa akademik (nilai p-value >0.05). Lingkungan belajar mendapatkan pengaruh yang signifikan terhadap performa akademik mahasiswa tingkat 1 dan 2 (nilai p-value < 0.05).Kesimpulan: Kemampuan retensi hanya berpengaruh positif terhadap performa akademik mahasiswa tingkat 2, hal ini dapat disebabkan karena  kegiatan diluar akademik yang dilakukan mahasiswa  tingkat 1 dapat mengganggu retensi. Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap performa akademik mahasiswa tingkat 1 dan 2, hal ini dapat disebabkan karena pada mahasiswa tingkat 1 dan 2 tinggal dilingkungan yang baik sehingga berpengaruh pada performa akademiknya. Faktor yang paling1mempengaruhi performa akademik adalah lingkungan belajar.Kata kunci: Performa akademik; kemampuan retesi; lingkungan belajar; pembelajaran daring

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkkfk

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Kedokteran Komunitas merupakan salah satu jenis jurnal akademik bidang kedokteran atau kesehatan di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian maupun kajian. Artikel ilmiah ini juga mencangkup hasil-hasil penelitian terbaru dan tulisan ilmiah lainnya di bidang biomedis, ...