Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR)
Vol. 1 No. 3 (2022): July 2022

Mengatasi Kesulitan Belajar Materi IPS Melalui Asesmen For Learning

Maulina Ismaya Dewi (Institut Madani Nusantara (IMN))



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Kesulitan belajar siswa akan materi pelajaran IPS dalam masa menyambut kurikulum merdeka, menjadi dasar dilakukan penelitian berupa penelitian tindakan kelas.  Bertujuan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII melalui penerapan assesmen for learning. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I selama 4 kali pertemuan dan siklus II selama 2 kali pertemuan. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek dalam asesmen for learning, yaitu hasil belajar, penilaian portofolio, dan partisipasi. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VII MTsS Ummi Kulsum yang berjumlah 23 orang. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis mixed methodes. Hasil pada siklus II sebesar 79,3 kategori sangat tinggi dengan standar deviasi 9 menunjukkan mengalami peningkatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fjmr

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) is a multidisciplinary journal published by Formosa Publisher. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) is published every month (monthly). Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR) is a peer reviewed, open access, and ...