Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 7, No 2 (2022)

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL ISRA KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN KARAWANG

Nita Lasmana (Program Sarjana Pendidilkan Luar Sekolah, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nia Hoerniasih (Program Sarjana Pendidilkan Luar Sekolah, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ratna Sari Dewi (Program Sarjana Pendidilkan Luar Sekolah, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses penerapan pendidikan karakter dan (2)Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan pendidikan karakter di pondok pesantren Al Isra kecamatan Majalaya kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan metode syudi kasus, penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al Isra Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Adapun subjek penelitiannya adalah: (1) Sumber informan: satu orang pimpinan pondok dan satu orang pengasuh pondok, (2) Sumber informasi: tiga orang santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yaitu orientasi, eksplorasi, dan member check. Analisis data menggunakan koleksi data, redukasi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi.  Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa: (1) Proses penerapan pendidikan karakter pada santri di pondok pesantren Al Isra kecamatan Majalaya kabupaten Karawang dilakukan melalui beberapa kegiatan diantaranya; a) Kegiatan Belajar Mengajar, b) Bimbingan Tata Cara Ibadah, c) Bimbingan Baca Tulis Qur’an, d) Kegiatan Ekstrakurikuler dan, d) Menegur Santri. (2) Faktor pendukung dan penghambat proses penerapan pendidikan karakter yaitu, a) faktor pendukung; Para santri yang memiliki motivasi yang kuat dan adanya dukungan dari orangtua, banyaknya kegiatan santri, kualitas pendidik yang bagus, keamanan lingkungan pondok pesantren; b) faktor penghambat; faktor internal, latar belakang keluarga santri dan adanya rasa malas dan bosan dalam diri santri; faktor eksternal, kurangnya pengawasan langsung oleh ustad-ustadzah, prasarana yang belum lengkap, lingkungan pondok yang tidak dipagari, adanya pengaruh teman di luar sekolah, dan kemajuan IPTEK). Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...