Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 7, No 2 (2022)

MANAJEMEN PELATIHAN DESAIN GRAFIS KEJURUAN TIK DI UPTD BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DISNAKERTRANS KABUPATEN KARAWANG

Sindi Wulan (Program Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang)
Dayat Hidayat (Program Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang)
Ahmad Syahid (Program Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pelatihan desain grafis kejuruan TIK di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Karawang.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Penelitian ini dilakukan di UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Karawang. Adapun subjek penelitiannya yaitu sumber informasi yang terdiri dari tiga orang diantaranya satu orang instruktur pelatihan, satu orang asisten instruktur pelatihan, dan satu orang staf TU BLK, dan sumber informan yang terdiri dari dua orang peserta pelatihan. penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap orientasi, tahap eksplorasi, dan tahap member check. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian manajemen pelatihan desain grafis terbagi menajdi 4 tahap. Tahap perecanaan, dimulai dari penerimaan jumlah paket lalu dibuatkan perencanaan, perencanaan pertahun dan perencanaan pertengahan tahun. Pengorganisasian, dilakukan diawal terbentuknya pelatihan dan untuk selanjutnya tidak pernah diorganisasi lagi, terdiri atas satu orang instruktur, satu orang asisten instruktur dan 16 orang peserta pelatihan dalam satu angkatan. Pelaksanaan, berlangsung lebih kurang selama satu bulan, mempelajari 5 materi yang mengacu kepada kurikulum SKKNI, seluruh kebutuhan selama proses pelatihan berlangsung disediakan oleh pihak BLK. Pengawasan, dilakukan oleh BLK pusat kecenderungan tidak intens, pengawasan oleh instruktur dalam proses pembelajaran. Kesimpulan program pelatihan lebih dominan praktek dan telah berjalan sebagaimana mestinya. Saran adanya penggantian atau penambahan untuk komputer dan laptop. Kata Kunci : Manajemen, Pelatihan desain grafis, BLK

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...