Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 7, No 2 (2022)

PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI NOMOPHOBIA PADA ANAK USIA DINI SAAT MASA PANDEMI COVID-19 DI biMBA AIUEO KOTA BEKASI

Zahra Kambali (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ahmad Syahid (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ratna Sari Dewi (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui hasil peran orang tua dalam mengatasi nomophobia pada anak usia dini. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menghadapi anak usia dini yang nomophobia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang tua peserta didik, 1 orang ketua lembaga dan 1 orang guru.  Data penelitian didapatkan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran orang tua cukup baik dengan melakukan perannya sebagai fasilitator, motivator, pembimbing, (2) faktor pendukung dalam mencegah dan mengurangi nomophobia dengan diajarkan membaca, menulis, berhitung dan bermain edukasi, dan (3) faktor penghambat dalam menghadapi anak yang sudah terkena nomophobia, yaitu dengan kurangnya komunikasi antara orang tua dan anak. Kesimpulan dari penelitian ini ialah bahwa peran orang tua sangat penting dalam mengatasi nomophobia saat pandemi covid-19. Serta adanya  faktor pendukung dari sekolah dalam mencegah dan mengurangi nomophobia. Saran agar orang tua dapat mengajak anak untuk selalu berkomunikasi dan berinteraksi di lingkungan sekitar, lembaga selalu memberikan motivasi serta meningkatkan fasilitas dalam mencegah dan mengurangi nomophobia pada anak usia dini, peneliti untuk mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi yang terkait dengan peran orang tua maupun nomophobia pada anak agar hasil penelitian berikutnya lebih baik.Kata Kunci: Peran Orang tua, Nomophobia, Anak usia dini, Covid-19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...