Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 7, No 2 (2022)

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (STUDI KASUS DI PAUD FEDUS KABUPATEN BEKASI)

Dinia Adilah Zahra (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Safuri Musa (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Sutarjo Sutarjo (Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Penelitian tersebut dilatar belakangi dimana pengetahuan guru dan masyarakat yang masih kurang dan belum efektif atau belum tepat dalam pengembangan pendidikan karakter pada anak usia dini di PAUD Fedus. Tujuan penelitian ini ingin memperoleh suatu gambaran mengenai tentang suatu perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan memberika hasil metode bercerita dalam pengembangan pendidikan karakter anak usia dini. Adapun landasan teorinya dari penelitian ini dimana merujuk atau mengarahkan pada: Konsep-konsep pendidikan karakter pada anak usia dini, Bercerita dengan menggunakan metode bercerita, metode bercerita dalam pendidikan karakter dan serta Konsep APE yang dalam kaitannya dengan menggunakan metode bercerita. Pendekatan ini yang biasa digunakan untuk penelitian  adalah pendekatan kualitatif dengan cara pengumpulan data dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan serta dokumentasi. Selanjutnya yang dapat dilakukan triangulasi untuk dapat meminimalkan akan terjadinya bias dan untuk meningkatkan suatu reabilitas dan validitas data yang akan diperoleh. Subjek penelitian ini merupakan dari Pengelola Paud, Guru Paud, dan serta Peserta didiknya. Sedangkan lokasi penelitian tersebut yang ada di Paud Fedus dan yang beralokasikan atau beralamat disalah satu paud yang berada di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Adapun hasil penelitian ini ialah a). perencanaan dalam pengembangan karakter melalui metode bercerita dimana direncanakan pada awal tahun ajaran yang disusun oleh KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang dimana didalamnya terdapat suatu rencana suatu kegiatan mingguan dan rencana kegiatan harian (RKM dan RKH). b). pelaksanaan pada metode bercerita berlangsung dilaksanakan pada saat pembelajaran secara daring, dimana pelaksanaan dalam metode bercerita penelitian dilakukan sebanyak 3 kali. c). penilaian ini dalam menggunakan metode bercerita yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dalam belajar mengajar. d). hasil dalam suatu pengembangan pendidikan karakter dengan menggunakan metode bercerita ini akan lebih efektif apabila dilakukan dengan pembiasaan. Adapaun tujuannya disini ialah supaya anak dapat mempraktekan secara langsung apa saja nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dan dapat terbiasa dalam melakukan hal-hal yang baik dengan harapan nilai tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan anak. Adapun disini kesimpulannya ialah nilai-nilai pada karakter dasar yang penting pada anak seperti disiplin, bertanggung jawab, serta kemandirian pada anak dapat ditingkatkan lagi dengan menggunakan metode bercerita. Hal tersebut akan terus berjalan untuk menjadi lebih baik, apabila pada setiap peserta didik memiliki minat dan bakat serta mendapatkan motivasi dalam mengembangkan suatu karakter, serta mendapatkan dukungan dan kerjasama dari orang tua dan guru tersebut. Rekomendasi untuk pengelola dan guru ialah meningkatkan suatu pemahaman terhadap suatu materi cerita dan peningkatan dalam kreatifitas dalam pembuatan APE yang bahannya tersebut dapat dengan mudah yang berada disekitar lingkungan sebagai alat penunjang dalam penyajian materi cerita menjadi menarik, bermanfaat dan bermutu.Kata Kunci: Pengembangan Karakter, Metode Bercerita

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...