Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 2, No 5 (2015)

RESPON PUJIAN OLEH PENUTUR BAHASA JEPANG DAN PEMBELAJAR BAHASA JEPANG

PRABOWO, ADITYO BAGUS (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2015

Abstract

Kata kunci: Pragmatics, Respon pujian, Kemampuan Bahasa Jepang Skripsi ini berjudul “Respon Pujian Studi kasus pada Pembelajar bahasa Jepang dan Penutur bahasa Jepang”. Jika dupuji seseorang bagaimana respon yang dilakukan orang yang dipuji, apakah akan menerima pujian tersebut atau sebaliknya bersikap malu-malu dengan pujian tersebut. Dari respon pujian yang dilakukan seseorang bisa diketahui bagaimana hubungan antara yang memuji dan penerima pujian. Situasi saat memuji juga mempengaruhi respon pujian seseorang pun telah dilakukan di penelitian sebelumnya.Karena Pada penelitian mengenai respon pujian “home no hentou” ini jika dibandingkan dengan penelitian di bidang pragmatik yang lain belum banyak yang meneliti, penulis menetapkan tema ini sebagai tema penelitian. Dengan responden pembelajar bahasa Jepang (dibedakan dengan level Tes kemampuan bahasa Jepang/nihongonouryokushiken) dan penutur bahasa Jepang dengan mentepakan beberapa angket situasi pembicaraan penulis membandingkan respon pujian dari kedua responden tersebu.Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu keadaan, jumlah banyak, kemudian berdasarkan data-data tersebut analisa dilakukan secara statistik, dan hasil dari penelitian tersebut digeneralisasikan. Penelitian ini kemudian menghasilkan kesimpulan bahwa: 1. Penutur bahasa Jepang paling banyak menggunakan respon pujian kategori menerima pujian “ukeiregata”dan terbanyak kedua menghindari pujian “kaihigata” sebagai respon pujian yang banyak dipakai. 2. Semakin tinggi level kemapuan bahasa Jepang pembelajar bahasa Jepang tidak mempengaruhi atau tidak merubah pola pikir pembelajar bahasa Jepang saat dipuji akan mengikuti cara merespon pujian seperti penutur bahasa Jepang.

Copyrights © 2015