JIEM (Journal of Islamic Education Management)
Vol 6, No 2 (2022): Manajemen Pendidikan Islam

Manajemen Strategi Kepala Madrasah dalam Memotivasi Masyarakat Menyekolahkan Anaknya ke Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalamah Losari Cirebon

Siti Aminah (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Mumun Munawaroh (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Imroatul Fatihah (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Manajemen dapat diartikan sebuah seni untuk mengelola sebuah organisasi atau instansi untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, dan manajemen strategik yaitu upaya untuk mengelola strategik suatu pendidikan agar tercapai tujuan pendidikan. Proses manajemen strategik mencakup formulasi, implementasi serta evaluasi, dengan langkah – langkah yaitu identifikasi, analisis eksternal dan internal, perumusan, implementasi, dan evaluasi strategi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen strategik yang dilakukan dalam memotivasi masyarakat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalamah Losari Cirebon. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber data meliputi ketua Madrasah Diniyah , wakasek bidang kurikulum Madrasah Diniyah, staf TU Madrasah Diniyah, murid Madrasah Diniyah, masyarakat sekitar, teknik analisis data seperti pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa kegiatan manajemen strategik sudah dilakukan, dan setiap tahunnya mengalami peningkatan walaupun tidak terlalu signifikan, adanya perkembangan setiap tahunnya membuat kepala Madrasah Diniyah dan jajarannya lebih semangat untuk menjalankan strategi dan berinovasi dalam menyusun pembelajaran, agar murid mengerti dan faham dan berkembang serta siap menghadapi kompetisi – kompetisi yang ada. Maka dapat disimpulkan bahwa manajemen startegik dalam memotivasi masyarakat menyekolahkan anaknya ke Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalmaah sudah ada peningkatan jumlah pendaftar setiap tahunnya.Kata Kunci : Manajemen strategi, Motivasi, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA). Management can be interpreted as an art to manage an organization or agency to achieve the goals set, and strategic management is an effort to manage an education strategically in order to achieve educational goals. The strategic management process includes formulation, implementation and evaluation, with steps - identification, external and internal analysis, formulation, implementation, and evaluation of strategy. This study aims to determine the strategic management carried out in motivating the community to send their children to Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalamah Losari Cirebon. The research methodology used is descriptive qualitative, with data collection using interview, observation and documentation techniques, data sources include the head of Madrasah Diniyah, deputy head of the Madrasah Diniyah curriculum, Madrasah Diniyah TU staff, Madrasah Diniyah students, surrounding communities, data analysis techniques such as data collection reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study show that strategic management activities have been carried out, and each year there is an increase, although not too significant, the developments every year make the head of Madrasah Diniyah and his staff more enthusiastic to carry out strategies and innovate in preparing learning, so that students understand and understand and develop and are ready to face challenges. existing competitions. So it can be concluded that strategic management in motivating the community to send their children to Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Darussalmaah has increased the number of registrants every year.Key Word : Strategic Management, Motivation, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Journal of Islamic Education Management (JIEM) merupakan merupakan jurnal yang memuat tulisan, hasil penelitian, pengembangan, kajian atau telaah keilmuan manajemen pendidikan Islam. Isi jurnal memuat pandangan kritis, berpikir komprehensif dalam manajemen pendidikan Islam. Jurnal ini terbit setiap ...