Biofaal Journal
Vol 3 No 2: (2022) : Biofaal Journal

ANALISIS FINANSIAL USAHATANI JERUK MANIS DI DESA OGOMATANANG KECAMATAN LAMPASIO KABUPATEN TOLITOLI (STUDI KASUS PADA USAHATANI JERUK BAPAK BAHAR)

Yanti Sasmita (Program Studi Agribisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli)
Abd. Fattah (Program Studi Agribisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli)
Nurmala - (Program Studi Agribisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli)
Hardiansyah - (Program Studi Agribisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usahatani Jeruk manis Di Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai bulan Desember Tahun 2020. pengambilan data berasal dari data primer dan data sekunder dan analisis data yang digunakan yaitu analisis financial dengan menggunakan perhitungan NVP,NET B/C dan IRR. Hasil penelitian ini menunjukan usahatani jeruk manis di Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli layak di usahakan, dengan nilai perhitungan NVP sebesar Rp. 252,464,804.76 dan nilai NET B/C sebesar 3.279>1 dan nilai IRR sebesar 45,648% lebih besar dari suku bunga yang berlaku 9 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biofaal

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology

Description

Biofaal Journal merupakan jurnal online yang menerima dan mempublikasikan tulisan-tulisan ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian terbaru, short communication, maupun review terhadap artikel dari bidang keilmuan Biologi, Faal Tumbuhan, Faal Hewan, Faal Manusia dan Faal Olahraga. Biofaal Journal ...