JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 2 (2022)

Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran Hybrid Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Devita Permata Putri (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Iis Holisin (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Junaidi Fery Efendi (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Quasy Eksperiment Design yang dilakukan di SMP Negeri 53 Surabaya. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII dengan jumlah sampel yang digunakan masing-masing pada kelas eksperimen dan kelas kontrol 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal pre-test/post-test kemampuan berpikir kritis matematis siswa serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol  sebesar 72,61 dengan standar deviasi 4,309 dan peningkatannya  termasuk kategori sedang yaitu 0,53; (2)  Rata-rata kemampuan  kemampuan berpikir kritis  siswa kelas eksperimen  sebesar 84,74 dengan standar deviasi 0,596 dan peningkatannya  termasuk kategori tinggi yaitu 0,73; (3)  Hasil uji t terhadap post-test kemampuan berpikir kritis  matematis siswa diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4.264>2.000298 sehingga terdapat pengaruh pendekatan RME terhadap kemampuan berpikir kritis matematis; (4) Hasil angket respon siswa sebesar  85,78% siswa menyatakan respon poitif terhadap pemeblejaran matematika dengan pendekatan RME.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...