JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 7, No 2 (2022)

ANALISIS PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 GONDOHARUM




Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk perhatian orang tua dan faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika siswa SDN 2 Gondoharum Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus. Jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian naratif kualitatif dan metode penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang memiliki kriteria prestasi belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah, guru, dan orang tua. 3 siswa tersebut diambil dari nilai mata pelajaran matematika penilaian akhir semester I yang meliputi siswa prestasi belajar matematika tinggi dengan nilai 83, siswa prestasi belajar matematika sedang dengan nilai 69, dan prestasi belajar matematika rendah dengan nilai 37. Analisi data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan atau verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perhatian orang tua dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang optimal berdampak pada siswa yang memiliki prestasi belajar matematika tinggi dan sedang. Tanpa adanya perhatian dari orang tua atau kelemahan yang terlihat dari perhatian orang tua yaitu masih rendahnya perhatian penuh dari kedua orang tua dan melakukan kekerasan fisik, hal tersebut terlihat pada siswa yang memiliki prestasi belajar matematika rendah yang sangat berpengaruh buruk pada prestasi belajar. Faktor-faktor yang berdampak pada prestasi belajar anak selain perhatian orang tua juga terdapat faktor lain seperti kecerdasan anak yang berbeda-beda, guru yang mengajar dan suasana belajar di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...