AKSIOMA
Vol 13, No 2 (2022): AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis kebutuhan siswa terhadap media video animasi dalam pembelajaran matematika




Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

AbstrakSuasana pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan adalah hal yang diharapkan oleh siswa dalam pembelajaran. Guru dapat menggunakan bantuan teknologi untuk membuat media pembelajaran yang menarik. Media pembelajaran inovatif salah satunya yaitu video animasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap media video animasi pembelajaran matematika. Analisis kebutuhan merupakan tahapan awal dalam model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan yaitu angket menggunakan google form dan wawancara. Subjek penelitian yaitu guru matematika dan siswa kelas IX di SMP IT Bina Insan Cendikia Muntok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 73,9% siswa lebih mudah memahami materi matematika dengan animasi dan 87% siswa menyatakan bahwa media video animasi dibutuhkan dalam pembelajaran matematika. Dari hasil wawancara diperoleh bahwa video animasi yang diinginkan siswa yaitu (1) video dengan durasi 3-15 menit karena jika video tersebut terlalu lama akan membosankan, (2) tampilan gambar yang menarik dan bergerak seperti gambar kartun, gambar hewan yang berbicara, dan karakter manusia yang bergerak, (3) berisi penjelasan inti materi yang singkat dan jelas, (4) materi yang dapat dibuat seperti pada materi bangun datar, bangun ruang, dan transformasi, dan (5) di akhir video terdapat contoh soal dari tingkat yang mudah hingga sulit 1-5 soal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa membutuhkan media video animasi pada pembelajaran matematika.Kata kunci: analisis kebutuhan, media pembelajaran, video animasiAbstractAn interesting and not boring learning atmosphere is what students expect in learning. Teachers can use the help of technology to create interesting learning media. One of the innovative learning media is an animated video. The purpose of study is to analyze the students' needs for animation video media for mathematics learning. Needs analysis is the initial stage in the development of the ADDIE model. The instrument used is a questionnaire using a google form and interviews. The research subjects were mathematics teachers and grade IX students at SMP IT Bina Insan Cendikia Muntok. The results showed that 73.9% of students found it easier to understand mathematics with animation and 87% of students stated that animated video media was needed in learning mathematics. From the interviews, it was found that the animated videos that students wanted were (1) videos with a duration of 3-15 minutes because if the video was too long it would be boring, (2) the display of interesting and moving images such as cartoon images, talking animal images, and human characters who moves, (3) contains a brief and clear explanation of the core material, (4) material that can be made, such as the material on flat shapes, building spaces, and transformations, and (5) at the end of the video there are examples of questions from easy level to 1-5 questions. Based on the results of Key's research that students need animated video media in learning mathematics.Keywords: needs analysis, learning media, animated video

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...