Edu Geography
Vol 10 No 2 (2022): Vol 10 No 2 (2022)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE EARTH DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 52 JAKARTA




Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran nyatanya perlu direalisasikan dengan tekun, hal tersebut berkaitan dengan kemajuan Pendidikan Indonesia. Secara global, teknologi dalam dunia Pendidikan menjadi sebuah tuntutan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pada abad 21, kompetensi Pendidikan setidaknya harus mencakup “4K” yaitu, berpikir kritis, komunikasi, kreatif dan inovatif, serta kolaborasi. Dengan pembelajaran berbasis pada “4K” diharapkan guru dapat berinovasi dan berkreativitas untuk mencipatakan suasana belajar yang menarik. SMA Negeri 52 Jakarta merupakan salah satu SMA Negeri favorit yang berlokasi di Jakarta Utara. Namun, disayangkan aktivitas pembelajaran masih terkesan monoton dan belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. geografi sebagai ilmu pengetahuan tidak hanya berisi tentang teori melainkan harus terdapat praktik didalamnya untuk mengasah keterampilan siswa. Hambatan yang dialami selama masa pembelajaran turut serta mempengaruhi penurunan kemampuan siswa baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan. Sebagai usaha untuk memperbaiki kemampuan siswa dalam hal peningkatan keterampilan geografi siswa, metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian ekperimen dengan membagi sampel kelas menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, dilihat secara hasil belajar terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya pemanfaatan media sebagai penunjang pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary ...