Edu Geography
Vol 10 No 2 (2022): Vol 10 No 2 (2022)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN APLIKASI BOT TELEGRAM MATERI DINAMIKA ATMOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA




Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran saat adanya pandemi Covid-19 yang terjadi awal tahun 2020 lalu. Selama masa pandemi, pembelajaran dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pemanfaatan bot telegram pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Semarang. (2) Mengetahui hasil belajar geografi materi dinamika atmosfer menggunakan media bot telegram pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 7 Semarang. (3) Mengetahui tingkat keefektifan media bot telegram yang meliputi hasil belajar, aktivitas belajar, dan respon atau tanggapan positif siswa dalam pembelajaran geografi materi dinamika atmosfer di kelas X IPS SMA Negeri 7 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pre-post control group. Dilaksanakan di kelas X IPS SMA Negeri 7 Semarang dengan total sampel 72 siswa dari kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan X IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pemanfaatan aplikasi bot telegram pada kelas eksperimen X IPS 4 mencakup 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Pada variabel pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai kualitas silabus sebesar 88%, RPP sebesar 86,67% dan media pembelajaran 88,09% oleh dosen ahli media serta 81,90% oleh guru mapel. Tahap pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata aktivitas belajar sebesar 67,5% (tinggi) dan nilai rata-rata respon/tanggapan sebesar 78,83% (menarik). (2) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen didapatkan rata-rata nilai sebesar 82,17 sedangkan pada kelas kontrol didapatkan rata-rata sebesar 71,58. (3) Analisis uji perbedaan rata-rata terhadap hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test pada kelas eksperimen dengan nilai post-test kelas kontrol.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary ...