EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi
Vol. 8 No. 1 (2022): Volume 8 No. 1 Juli 2022

KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Siti Fitriya Ningsih (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)
machnunah ani zulfah (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konsep pendidikan karakter menurut Imam Al-Ghazali bagi anak berkebutuhan khusus dalam kitab Ayyuhal Walad. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana konsep pendidikan karakter untuk anak berkebutuhan khusus (2) Bagaimana metode pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus, (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi pendidikan karakter untuk anak berkebutuhan khusus. Data penelitian ini menggunakan kitab Ayyuhal Walad sebagai rujukan, yang merupakan salah satu karya Imam Al-Ghazali yang membahas tentang pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Dalam penelitian kepustakaan ini, peneliti menggunakan pendekatan interpretatif dan untuk jenis penelitian kepustakaan ini menggunakan kajian pemikiran tokoh. Menurut Imam Al-Ghazali, pendidikan karakter merupakan suatu pendidikan yang mengajarkan tentang budi pekerti, sifat, moral, disiplin, bertanggung jawab. Selain itu juga ada metode yang harus diterapkan, yaitu metode keteladanan, metode nasehat, metode pembiasaan. Dengan adanya metode yang digunakan oleh pendidik, maka diharapkan supaya anak memiliki akhlak mulia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduscope

Publisher

Subject

Education

Description

EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang. Jurnal Eduscope memiliki tujuan untuk memberikan informasi-informasi dari hasil penelitian dan kajian ...