Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu
Vol 5 No 1 (2022)

MODEL PEMBELAJARAN TRI PARARTHA DIPADUKAN DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA KELAS X TKJ SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Komang Sri Dewi (STKIP Agama Hindu Singaraja)
Dewa Nyoman Sucita (STKIP Agama Hindu Singaraja)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa di kelas X TKJ SMK TI Bali Global Singaraja tahun pelajaran 2021/2022 melalui model pembelajaran Tri Parartha dipadukan dengan Mind Mapping. Digunakan teori Tri Parartha dan Mind Mapping. Penelitian dirancang dengan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian sebanyak 16 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan di kelas X TKJ. Prosedur penelitian menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi analisis, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan tes untuk data pengetahuan akademik, kemudian observasi untuk data aktivitas siswa dalam pembelajaran. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari 3 tahapan: reduksi data, paparan data, dan analisis. Hasil penelitian sebagai berikut: pelaksanaan siklus I rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran 74,1% dan prestasi belajar dengan rata-rata (M) 77,50, Daya Serap (DS) 77,50% dan Ketuntasan Belajar (KB) 62,50% kategori Sedang. Pelaksanaan siklus II rata-rata aktivitas siswa dalam pembelajaran 87,4% dan prestasi belajar dengan rata-rata (M) sebesar 83,75, daya serap (DS) sebesar 83,75%, dan ketuntasan belajar (KB) 100% kategori Tinggi. Disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Tri Parartha dipadukan dengan Mind Maping Dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi siswa kelas X TKJ SMK TI Bali Global Singaraja.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wspah

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

Fokus dari Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu adalah penelitian dalam lingkup 1. Pendidikan Agama Hindu 2. Pendidikan Kebudayaan berbasis Agama Hindu 3. Pendidikan Agama Hindu berbasis ...