Techno.Com: Jurnal Teknologi Informasi
Vol 21, No 4 (2022): November 2022

Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Keluhan Pelanggan Pada Apartemen Jakarta

Sunarti Sunarti (Universitas Bina Sarana Informatika)
Frisma Handayanna (Universitas Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Ketidakpuasan pelanggan merupakan masalah yang dihadapi oleh pengelola Apartemen. Ketidakpuasan dapat menimbulkan keluhan dan merugikan dalam bisnis. Penelitian menggunakan metode algoritma C4.5. Metode ini digunakan menentukan pengambilan keputusan untuk memprediksi keluhan pelanggan, diketahui tingkat akurasi dan presisinya. Data dianalisis menggunakan aplikasi Rapidminer. Rapidminer adalah perangkat lunak dengn open source. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengatasi keluhan pelanggan apartemen atas ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Atributnya adalah nounit, kewarganegaraan, status pernikahan, pekerjaan, alamat pekerjaan, jumlah penghuni, dan jenis kelamin dengan keputusan komplain dan tidak komplain. Peroleham pengujian model yang terbentuk akurat hingga 88,13 dengan kumpulan hasil pengolahan ROC (Receiver Operating Characteristic) menggunakan data training dengan besarnya 0,953 tingkat diagnostik klasifikasi sangat baik. Model pohon keputusan yang ada bisa meningkatkan akurasi untuk memprediksi keluhan pelanggan pada Apartemen Jakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

technoc

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Topik dari jurnal Techno.Com adalah sebagai berikut (namun tidak terbatas pada topik berikut) : Digital Signal Processing, Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, Optical Communication Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Computer Vision, ...