Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Penerapan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar pada siswa kelas IV SD Katolik 07 Xaverius Kairagi

Gebriani Kuamba (Universitas Katolik De La Salle Manado)
Fabyana I. Tamboto (Universitas Katolik De La Salle Manado)
Patricia H. Supit (Universitas Katolik De La Salle Manado)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memingkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar dengan penerapan model picture and picture pada siswa kelas IV SD Katolik 07 Xaverius Manado. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian model Kemmis dan Mc. Tanggart. Subjek dalam penelitian sebanyak 36 siswa. Teknik penggumpulan data yaitu melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis hasil belajar dan keterlaksanaan model picture and picture. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar metematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV SD Katolik 07 Xaverius Manado mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest 58 dengan ketuntasan 3 %. Pada siklus I nilai rata-rata 87 dengan ketuntasan 81 %,. Siklus II nilai rata-rata 90 dengan ketuntasan 89 %. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas IV SD Katolik 07 Xaverius Manado.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...