Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol. 1 No. 7 (2022): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa sekolah dasar negeri

Yohanah Yohanah (Institut Manajemen Koperasi Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi akademik siswa, pengaruh kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa, dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja  guru secara bersama terhadap prestasi akademik siswa. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimen. Populasi adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sukasari dengan jumlah guru 120 orang, dan ukuran sampel ditentukan 30% dari populasi yaitu 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda dengan SPSS Windows Version 26. Secara deskriptif hasil penelitian menujukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri di Kecamatan Sukasari  termasuk dalam kategori baik dengan skor 2.247, Kinerja  guru dalam kategori sangat baik dengan skor 2.269 prestasi Akademik siswa  masuk dalam kategori baik dengan rata-rata 1.995. Dengan analisis regresi sederhana diketahui : terdapat pengaruh postif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi akademik siswa SD Negeri Kecamatan Sukasari  sebesar 58,0%, kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa dengan koefisien determinasi sebesar 48,9%. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan adanya pengaruh bersama-sama secara positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap prestasi akademik siswa  SD Negeri Kecamatan Sukasari  dengan koefisien determinasi sebesar 61,8%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Education

Description

Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, mencakup bidang penelitian pendidikan dalam proses belajar mengajar, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, dan pengembangan ...