Eduthink: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 02 (2022)

PERAN DAN FUNGSI YAYASAN DALAM PENGELOLAAN PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH HIDAYATUN NAJAH TUBAN

M. Fauzi (IAINU TUBAN)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Keberadaan Yayasan sebagai mitra pemerintah dalam mengembangkan berbagai bidang sangatlah urgent dan perannya signifikan, termasuk bidang pendidikan, sebagaimana kita maklum tidak sedikit lembaga pendidikan yang di kelola oleh yayasan (swasta) memiliki kualitas yang tidak kalah dengan lembaga yang dikelola oleh pemerintah (Negeri), di berbagai kota kita kenal lembaga-lembaga swasta yang mendapat kepercayaan cukup tinggi dari masyarakat termasuk di kota Tuban terdapat Madrasah Ibtidaiyah Hidayatun Najah yang tercatat sebagai Madrasah dengan jumlah peserta didik terbesar di kabupaten Tuban, pada tahun pelajaran 2022/2023 tercatat peserta didiknya jumlahnya mencapai 940 siswa. Berangakat dari hal tersebut diatas maka perlu di kaji sejauh mana peran dan fungsi Yayasan dalam mengelola lembaga pendidikan pada lembaga Pendidikan yang cukup berhasil dan mendapat kepercayaan dari Masyarakat, apakah Yayasan Hidayatun Najah Tuban sebagai Lembaga yang menaungi MI Hidayatun Najah memiliki peran dan fungsi yang cukup ataukah hanya sekedar menjadi penaung secara administrasi saja?. Dari hasil penelitian dan pengamatan disimpulkan bahwa peran Yayasan Hidayatun Najah Tuban dalam pengelolaan Lembaga Madrasah Ibtidaiyah Hidayatun Najah sangat berperan dan signifikan terbukti dari manajemen kelembagaan yang mana Yayasan aktif menyiapkan Sarana Prasarana, menyiapkan SDM, mengawal sistema manajemen lembaga dengan menunjuk seorang Direktur lembaga pendidikan juga adanya lembaga-lembaga pendukung seperti Unit Usaha, BMT serta Koperasi Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Yayasan Hidayatun najah Tuban dalam mengelola madrasah khususnya dalam mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP). Selain itu penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana fungsi yayasan khususnya dalam pembinaan di madrasah yang dikelola oleh yayasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah pembina dan pengawas yayasan, pengurus yayasan, kepala, wakil, guru, dan Kepala Tata Usaha Madrasah Ibtidaiyah Hidayatun Najah. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yayasan Hidayatun Najah dalam penyelenggaraan pendidikan di MI Hidayatun Najah cukup baik walaupun belum maksimal. Dalam penyelenggaraan pendidikan MI Hidayatun Najah sesuai dengan 8 Standar Nasional Pendidikan, Yayasan lebih banyak berperan dalam pengelolaan keuangan, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sarana prasarana. Fungsi pembinaan yayasan sudah dilakukan, terutama dalam pembinaan sumber daya manusia (SDM), pembinaan managerial kepada kepala dan juga pengelolaan keuangan. Selain pembinaan, yayasan juga membantu dalam pengembangan kelembagaan seperti dalam penerimaan peserta didik baru, penguatan muatan kurikulum dan juga dalam hal marketing atau pemasaran lembaga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduthink

Publisher

Subject

Religion Education

Description

EDUTHINK: Jurnal pemikiran pendidikan Islam includes studies on Deradicalization of Islamic Education, philosophy of Islamic Education, islamic Education Policy, Gender and Islamic Education, Comparison of Islamic Education, Islamic Education and Science, Nusantara Islamic Education, Pesantren ...