Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pola Komunikasi Fenomena Pembacaan Umum Peramal Tarot Pada Pengguna Media Facebook

I Gusti Ayu Ngurah Avinda Sinta Prameswa (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia)
Lucy Pujasari Supratman (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui bentuk pola komunikasi yang terdapat antar peramal tarot dan para audiensnya dalam fenomena pembacaan umum tarot di media sosial. Pembacaan umum merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan dalam pertarotan guna untuk memberi informasi atau visualisasi umum tentang nasehat hidup kepada audiensnya melalui tumpukan kartu yang telah terpilih, kemudian simbol-simbol kartu akan diinterpretasikan menjadi sebuah pesan. Penelitian dilakukan dalam media sosial Facebook, khususnya pada postingan pembacaan umum dari orang yang menyatakan dirinya sebagai peramal tarot. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, beserta teori-teori yang relevan yang dijadikan penunjang agar peneliti tidak bias. Hasil akhir dari penelitian ini adalah pemahaman akan pola komunikasi yang terbentuk pada fenomena pembacaan umum tarot serta pengaruhnya selama proses interaksi antar peramal tarot dengan audiensnya, dan dapat menarik kesimpulan melalui teori-teori, tinjauan pustaka juga metodologi yang sesuai tentang topik penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya pencurian di berbagai daerah di Indonesia. Banyak pencuri melakukan tindakan mencuri karena kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat aparat harus memberikan sanksi kepada pencuri. Permasalahan dalam ...