Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Resiliensi Akademik Mahasiswa Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19: Kepercayaan Diri Membaca-Menulis, Dukungan Dosen Pembimbing, Dan Kesiapan Pembelajaran Daring

Nurul Husna (Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana, Jakarta Pusat, DKI Jakarta)
Setiawati Intan Savitri (Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana, Jakarta Pusat, DKI Jakarta)
Arie Suciyana Sriyanto (Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana, Jakarta Pusat, DKI Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Pandemi akibat COVID-19 berdampak pada bidang pendidikan di Indonesia hingga membuat tantangan tersendiri untuk mahasiswa, khususnya bagi mereka yang sedang mengerjakan skripsi sebagai salah satu ketentuan untuk menjadi sarjana. Penelitian ini dilakukan untuk memahami keterkaitan kepercayaan diri dalam kemampuan membaca dan menulis, persepsi dukungan dosen pembimbing pada mahasiswa dalam proses penyelesaian skripsi, juga kesiapan melakukan pembelajaran daring dengan resiliensi akademik mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir skripsi di masa pandemi COVID-19. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 238 mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir skripsi di Indonesia. Metode penelitian dengan cross sectional survey dan data yang didapat dianalisis menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri dalam menulis dan membaca, dukungan dosen pembimbing, dan kesiapan pembelajaran daring memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap resiliensi akademik, dimensi self-directed learning online pada variabel kesiapan pembelajaran daring dan dimensi merefleksikan dan mencari bantuan adaptif pada variabel resiliensi akademik berkorelasi paling kuat diantara seluruh dimensi dan variabel lainnya pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi Covid-19. Penelitian selanjutnya disarankan untuk dapat melihat lebih jauh besaran kontribusi pada kepercayaan diri dalam membaca dan menulis, dukungan dosen pembimbing, dan kesiapan pembelajaran daring terhadap resiliensi akademik, kemudian disarankan pula untuk mengeksplorasi faktor internal dan eksternal lainnya pada resiliensi akademik dan dengan populasi dan kondisi yang lebih spesifik, serta melakukan psikoedukasi dan pelatihan untuk mahasiswa dan dosen pembimbing berorientasikan hasil penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Pandemi Covid-19 ini menyebabkan terjadinya pencurian di berbagai daerah di Indonesia. Banyak pencuri melakukan tindakan mencuri karena kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat aparat harus memberikan sanksi kepada pencuri. Permasalahan dalam ...