Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEB)
Vol 5 No 2 (2022): JURNAL EKONOMI DAN BISNIS NIAS SELATAN

Pengaruh Potongan Harga dan Store Atmosphere Terhadap Impulse buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Intervening Pada Alfamidi Saonigeho Nias Selatan

Paskalis Dakhi (Universitas Nias Raya)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Impulse buying merupakan perilaku yang dialami oleh konsumen dimana pembelian dilakukan secara spontan tanpa melibatkan pemikiran, segera dan reflektif. Impulse Buying dapat dipengaruhi oleh potongan harga, store atmosphere dan emosi positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung potongan harga, store atmosphere dan emosi positif terhadap impulse buying. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Alfamidi Jl. Saonigeho, Kelurahan Pasar TelukDalam Kabupaten Nias Selatan. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) model mediasi. Populasi adalah konsumen Alfamidi Saonigeho dan sampel adalah sebagian dari populasi yang ditentukan oleh peneliti dengan pertimbangan tertentu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel berjumlah 116 responden. Berdasarkan analisis model persamaan sub struktur 1, terbukti bahwa potongan harga dan store atmosphere berpengaruh terhadap emosi positif. Pada persamaan substruktur 2, terbukti bahwa potongan harga berpengaruh terhadap impulse buying. Sementara store atmosphere dan emosi positif tidak berpengaruh terhadap impulse buying.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEB) Nias Selatan is a peer-reviewed journal. JEB Nias Selatan invites academics and researchers involved in original research in the fields of economics, management, entrepreneurship, finance and accounting to publish their scientific work at JEB Nias ...