Impulse buying merupakan perilaku yang dialami oleh konsumen dimana pembelian dilakukan secara spontan tanpa melibatkan pemikiran, segera dan reflektif. Impulse Buying dapat dipengaruhi oleh potongan harga, store atmosphere dan emosi positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung potongan harga, store atmosphere dan emosi positif terhadap impulse buying. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Alfamidi Jl. Saonigeho, Kelurahan Pasar TelukDalam Kabupaten Nias Selatan. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) model mediasi. Populasi adalah konsumen Alfamidi Saonigeho dan sampel adalah sebagian dari populasi yang ditentukan oleh peneliti dengan pertimbangan tertentu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel berjumlah 116 responden. Berdasarkan analisis model persamaan sub struktur 1, terbukti bahwa potongan harga dan store atmosphere berpengaruh terhadap emosi positif. Pada persamaan substruktur 2, terbukti bahwa potongan harga berpengaruh terhadap impulse buying. Sementara store atmosphere dan emosi positif tidak berpengaruh terhadap impulse buying.
Copyrights © 2022