Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Badan Pusat Statistik yang berkedudukan sebagai pelaksana dan penyelenggara diklat membangun SIMDIKLAT sebagai sarana pengelolaan kegiatan diklat. Berdasarkan wawancara dengan staf Bagian Umum Pusdiklat BPS, Pusdiklat BPS mengusulkan untuk melakuan peremajaan antarmuka SIMDIKLAT. Untuk menganalisis permasalahan secara lebih jauh, penelitian diawali dengan evaluasi heuristik antarmuka SIMDIKLAT dan mendapatkan hasil bahwa antarmuka SIMDIKLAT melanggar aturan usabilitas Nielsen. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah melakukan peremajaan antarmuka SIMDIKLAT guna meningkat usabilitas antarmuka pengguna SIMDIKLAT. Peremajaan dilakukan pada antarmuka role Peserta Diklat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode User-Centered Design melalui 3 kali iterasi. Hasil dari setiap iterasi berupa wireframe, mockup, dan prototype. Setelah dilakukan 3 kali iterasi, evaluasi heuristik kembali dilakukan pada hasil desain antarmuka dan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik daripada antarmuka SIMDIKLAT yang mana sebelumnya terdapat 8 major usability problem turun menjadi 2 minor usability problem.
Copyrights © 2022