E-JUPEKhu
Vol 10, No 2 (2022)

Peningkatan Keterampilan Membuat Hiasan Dinding dari Kain Perca melalui Multimetode bagi Anak Tunagrahita Ringan

Aprilini, Prisca (Unknown)
Nurhastuti, Nurhastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan keterampilan membuat hiasan dinding dari kain perca bagi peserta didik tunagrahita ringan melalui metode multimetode. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas VII SLB N Merangin yang telah mengetahui cara pembuatan hiasan dinding yang paling umum dari kain perca, namun ada siswa yang memiliki nilai di bawah standar pemenuhan dasar atau kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, analisis dan refleksi. Adapun hasil yang dapat diperoleh siswa dengan menggunakan dua siklus, khususnya AF pada siklus pertama adalah 50% dan pada siklus kedua skornya adalah 83%. Siswa JA mendapat skor 54% pada siklus pertama dan 85% pada siklus berikutnya. Selanjutnya untuk siswa IA memperoleh nilai pada siklus primer sebesar 60% dan pada siklus selanjutnya sebesar 87%. Berdasarkan informasi tersebut, akhir keahlian membuat permadani dari jalinan telah berkembang sama sekali melalui teknik multimetode.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...