Alat bantu trigonal pencil merupakan salah satu media alternatif buat mengupayakan serta menolong anak dalam memegang pensil dengan metode yang pas untuk anak cerebral palsy. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan subjek tunggal dengan desain A- B- A. Metode analisis informasi yang digunakan yakni metode analisis visual grafik. Dicoba sebanyak 16 pertemuan. Hasil perolehan informasi dari aktivitas baseline awal( A1) merupakan 31, 6%, 33, 3%, 33, 3%, 33, 3%. Intervensi ( B) tiap- tiap menggapai hasil 45%, 45%, 58, 3%, 60%, 76, 6%, 86, 6%, 86, 6%, serta 86, 6%. Setelah itu pada baseline kedua( A2) hasilnya merupakan 88, 6%, 91, 6%, 93, 3%, 95%. Hasil penelitian ini menampilkan bahwa alat bantu bantu trigonal pencil efektiv dalam meningkatkan keterampilan pramenulis, perihal ini nampak pada perolehan nilai yang anak miliki dalam tiap keadaan.
Copyrights © 2022