E-JUPEKhu
Vol 11, No 1 (2023)

Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Brownies Kukus Chocolatos Melalui Metode Proyek bagi Anak Tunarungu Kelas XI SLB N Sungai Penuh

Istiqomah Aini (Universitas Negeri Padang)
Fatmawati Fatmawati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2022

Abstract

Permasalahan di kelas XI Tunarungu di SLB N Sungai Penuh dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan anak tunarungu dalam keterampilan vokasional membuat brownies kukus chocolatos. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah proses pelaksanaan dan apakah metode proyek dapat meningkatkan keterampilan vokasional dalam pembuatan brownies kukus chocolatos untuk anak tunarungu kelas XI di SLB N Sungai Penuh. Hasil penelitian memperoleh bahwa rata-rata kemampuan awal anak yaitu AMR 35%, DM 30%, OL 33%, dan RNA 35%. pada siklus I setelah diberikan tindakan hasil yang diperoleh anak tunarungu yaitu AMR 63%, DM 60%, OL 60%, dan RNA 63%. Pelaksanaan tindakan siklus II didapatkan hasil yang diperoleh anak tunarungu yaitu AMR 93%, DM 90%, OL 90%, dan RNA 93%. Hasil analisis data, keterampilan vokasional membuat brownies kukus chocolatos bagi anak tunarungu di kelas XI SLB N Sungai Penuh dapat ditingkatkan melalui metode proyek.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...