Penelitian ini membahas mengenai peningkatan kemampuan membaca huruf Al-Quran melalui metode Bil Hikmah pada anak tunagrahita ringan di kelas VII C di SLB Negeri Batubara. Penelititan ini didasari permasalahan anak tunagrahita ringan yang belum terampil dalam membaca huruf Al-Quran. Kelas ini terdapat tiga orang anak tunagrahita ringan yang berinisial MRF, ZM dan K dengan karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah metode Bil Hikmah efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf Al-Quran anak tunagrahita ringan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian akan dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan cara berkolaborasi dengan guru. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 silklus. Setiap siklus dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian dideskripsikan dalam bentuk narasi dan grafik dari proses hingga hasil peningkatan pada siklus II. Pada siklus pertama anak memperoleh hasil MRF dan ZM 65% dan K 60% serta hasil pada siklus kedua MRF, ZM dan K 85%. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode Bil Hikmah efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf AL-Quran bagi anak tunagrahita ringan
Copyrights © 2022