Penelitian ini menjelaskan tentang penggunaan metode Descrete Trial Training (DTT) pada proses peningkatan kosakata bagi anak autis kelas III. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas III SLB Negeri Merangin. Masalah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak autis untuk menyebutkan kosakata yang ada disekitarnya seperti nama teman sekelas serta benda yang ada di lingkungan sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, dokumentasi, serta tes perbuatan. Perolehan hasil pada siklus I yaitu A mendapatkan hasil nilai40% dan R mendapatkan hasil sebesar 50%. Sedangkan pada siklus kedua A mendapatkan hasil 80% sedangkan R mengalami peningkatan hingga 90%. Sesuai dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kosakata pada anak autis kelas III menggunakan metode Descrete Trial Training (DTT) mengalami peningkatan yang signifikan.
Copyrights © 2022