Inovasi disebut sebagai penopang sustainability organisasi, namun di sisi lain, inovasi seringkali dinilai sebagai tindakan yang berisiko tinggi dengan ketidakpastian. Sebuah dilema stratejik yang tidak mudah diselesaikan. Kunci utama inovasi terletak pada kemampuan manajemen untuk menilai proses inovasi dan membuat prediksi untuk menekan risiko dan ketidakpastian. Penelitian ini memberi wawasan baru mengenai metode penilaian inovasi yang populer dengan sebutan akuntansi inovasi (innovation accounting) dengan mengambil kasus pada platform berbasis web yang dikembangkan oleh organisasi S sebagai gerakan crowdfunding rintisan yang berfokus pada kegiatan kemanusiaan. Metode dari penelitian ini adalah kualitatif interpretative untuk memberikan pembahasan mendalam dan holistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bagaimana pengembangan metriks dalam skema akuntansi inovasi dapat meningkatkan akuntabilitas sebuah inovasi secara nyata.Kata Kunci: penilaian kinerja; metriks; akuntansi inovasi; inovasi; sustainability
Copyrights © 2022