PEDAGOGIA
Vol 19, No 3 (2021)

AKSESIBILITAS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI

irva azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk membahas hal-hal penting apa saja yang perlu ada untuk pemenuhan aksesibilitas ABK di sekolah inklusi. Artikel ini menggunakan metode literature review atau studi pustaka di mana artikel ini disusun dengan menggunakan bahan literatur dari hasil penelitian yang sudah ada sebelumnya. Teknik analisis yang digunakan dalam penulisan artikel ini ialah analisis isi dokumen Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009) (Direktorat Pembinaan PKLK Pendidikan). Hasil dan pembahasan dari penulisan artikel ini menyebutkan bahwa aksesibilitas anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi itu meliputi layanan akademik dan ketersediaan sarana prasarana dan kesiapan sekolah inklusi. Adapun kesiapan sekolah inklusi mencakup komitmen sekolah penyelenggara inklusi, baik dari mengelola atau memanage dana, fasilitas maupun kurikulum. Tentu pengelolaan sekolah inklusi dengan sekolah reguler sangat berbeda. Ada beberapa yang perlu dimodifikasi seperti pada pembelajaran dan penilaian bagi ABK.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education

Description

PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review ...