JPI
Vol 4, No 2 (2022)

PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR

Rina Kurnia Sari (Unknown)
Dadan Djuanda (Unknown)
Diah Gusrayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa adalah model flipped classroom learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom learning terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-experimental design dengan nonequivalent control group design. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bunisari dan SDN Cirayun. Instrumen yang digunakan adalah penilaian keterampilan berbicara siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memberikan peningkatan yang signifikan, kemudian pembelajaran pada kelas eksperimen dengan model flipped classroom learning memberikan peningkatan yang lebih baik dalam peningkatan keterampilan berbicara siswa dibandingkan dengan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info
JPI

Abbrev

penailmiah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pena ilmiah adalah jurnal ilmiah edisi online yang berbasis hasil-hasil penelitian dalam ranah pendidikan guru sekolah dasar. Penelitian meliputi desain penelitian tindakan kelas, eksperimen, studi kasus, dan lain-lain. Scope penelitian meliputi model, metode, strategi, pendekatan, dan media ...